Senin, 16 November 2015

Nasehat Islam Dalam Kehidupan

Dalam perjalanan kehidupan, tentunya kita tidak akan pernah luput dari kesalahan, karena manusia pun selain memiliki sisi kelebihan juga memiliki sisi kelemahan. Jika kita mengangkat dari sisi kelemahan, maka ini akan menjadi sorotan dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Untuk itu kita akan melihat dari sudut pandang islam berupa Nasehat Islam dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut kita mari simak berbagai Nasehat Islam yang sebagian besar tentunya terdiri dari berbagai hadits dan semoga dengan adanya artikel ini, kita dapat menyerap dan mengamalkan nya untuk bekal menjalani kehidupan ini.

Kata Nasehat


“Sebaik-baik wanita ialah yang paling ringan mas kawinnya.” (HR. Ath-Thabrani)
“Orangtua adalah pintu surga yang paling tengah,apabila kau mau maka sia-siakanlah pintu tersebut atau peliharalah".(HR. Tirmidzi). 

“Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah sampai ia kembali.” (HR Tirmidzi)
“Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar dengan sengaja maka Allah akan menggagalkan amalannya (usahanya).” (HR. Bukhari)
“Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas.” (HR. Bukhori dan Muslim)
“Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja,siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu.” (Ali bin Abi Thalib)

“Jika Allah yang menjadi tujuan, kenapa harus dikalahkan oleh rintangan-rintangan yang kecil di hadapan Allah? Jika mencari nafkah merupakan ibadah, semakin kerja keras kita, insya Allah semakin besar pahala yang akan diberikan oleh Allah. Jika nafkah yang didapat merupakan bekal untuk beribadah,maka semakin banyak nafkah yang didapat,semakin banyak ibadah yang bisa dilakukan.

“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. Riwayat Muslim.
**********
“Lihatlah orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu karena hal itu lebih patut agar engkau sekalian tiak menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu.” Muttafaq Alaihi.

10 NASEHAT ISLAM YANG BERGUNA DALAM KEHIDUPAN


10 Nasehat Islam Berguna

  1. Setiap kesalahan yang dilakukan jadikanlah pengajaran, insaflah ini tanda kelemahan diri, kesalilah keterlanjuran itu dan berazamlah tidak mengulanginya lagi.
  2. Senyum itu tanda kemesraan, diberi kepada manusia dianggap sedekah. Ketawa itu lambang kelalaian. Selalu dilakukan hati akan mati. Dibuat di hadapan manusia menghilangkan maruah diri.
  3. Kesenangan dan kemewahan selalunya membawa kepada kesombongan dan kelalaian. Kesusahan dan penderitaan itu, selalunya membawa kekecewaan dan putus asa, kecuali orang yang mukmin.
  4. Syukur nikmat dan sabar di dalam ujian amat mudah diucapkan tetapi amat sulit dilaksanakan.
  5. Orang yang sudah hilang sifat marah – dayus, cepat melahirkan sifat marah – lemah mujahadah. Orang yang ada sifat marah tapi dapat disembunyikan kecuali di tempat-tempat yang munasabah inilah manusia normal.
  6. Di antara tanda-tanda orang-orang yang sombong itu cepat melahirkan sifat marah, suka memotong percakapan orang, suka bermujadalah yakni bertegang leher, nampak di mukanya rasa tidak senang jika ada orang yang lebih darinya di satu majlis, bercakap meninggikan suara, pantang ditegur, tidak ada tanda-tanda kesal di atas kesalahan.
  7. Apabila rasa senang dengan pujian, rasa sakit dengan kehinaan menunjukkan kita ada kepentingan peribadi, tanda kita tidak ikhlas membuat kebaikan.
  8. Lahirkan kemesraan kita sesama manusia kerana itu adalah haknya tapi jangan putus hati kita dengan Allah, ini adalah hakNya pula.
  9. Tahu diri kita hamba itu adalah ilmu, merasa diri kita itu hamba itu penghayatan, yang kedua inilah akan lahir sifat tawaduk, malu, khusyuk, takut, hina dan lain-lain lagi sifat kehambaan.
  10. Jika kita mengingati dosa, kita tidak nampak lagi kebaikan kita, apatah lagi untuk dibanggakan. 

Ibadah Memberi Petunjuk & Nasehat
Demikianlah berbagai Nasehat Islam dalam kehidupan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kita dalam bersikap dalam proses kehidupan sehari-hari.
Silahkan berkomentar untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.

Salam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar