Sabtu, 21 November 2015

NASEHAT MOTIVASI HIDUP ISLAM

Assalamualaikum wr. Wb. nasehat motivasi hidup islamPada kesempatan ini, saya ingin berbagai tentang Nasehat Motivasi Hidup Islam. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa dalam proses perjalanan hidup, banyak sekali halangan dan rintangan terutama jika kita sedang terjerat berbagai masalah kehidupan seperti masalah perekonomian, hubungan persaudaraan, bisnis, dan lain sebagainya. Kebanyakan banyak yang beralih kepada hal-hal negatif sehingga bukan menjadi lebih baik namun menjadi lebih buruk. Oleh sebeb itu kemudian mengapa asas dari panduan kita hidup adalah bersumber dari alquran sebagai pedoman kita dalam melangkah.
 


Berikut adalah beberapa contoh Nasehat Motivasi Hidup Islam yang kami bagi menjadi 2 bagian yaitu yang pertama adalah bagaimana tentan kesabaran dan selanjutnya adalah hal-hal secara umum.

nasehat motivasi hidup islam

 Nasehat tentang tentang kesabaran
  1. Bersabarlah terhadap apa yang telah menimpa kamu karena semua itu berasal dari Allah SWT. 
  2. Ya Allah berikanlah kiranya kesabaran sehingga aku tak tersesat dari jalan-Mu. 
  3. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (QS. Az-Zumar : 10) 
  4. Terhadap aya yang ada di sisimu tentulah akan lenyap tetapi apa yang ada di sisi Allah SWT adalah kekal adaanya dan akan member balasan hanya kepada orang yang memiliki kesabaran dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang mereka telah kerjakan atau lakukan sebelumnya. 
  5. Kesabaran adalah suatu proses atau sikap yang  tidak mengeluh dan menerima dengan ikhlas. Ini adalah tingkat tabiin (pengikut). 
  6. Kesabaran itu adalah selalu menerima ketetapan Allah SWT dan kesabaran itu sudah pasti adalah tingkat zahid. 
  7. Menyikapi kesabaran dalam menghadapi cobaan atau tantangan ataupun musibah dengan senang hati dan lapang dada, karena semua itu tentunya datangnya dari Allah SWT. Kesabaran seperti ituadalah sebuah sikap para shiddigin (orang-orang yang jujur). 
  8. Bersabarlah terhadap sesuatu karena sesuatu yang baik akan selalu datang kepada siapa saja bagi yang sabar menunggu. 
  9. Bersabarlah terhadap segala sesuatu dan berharap senantiasa kepadaNya karena Allah SWT sebagai penolong manusia. 
  10. Ketaqwaan dan kesabaran adalah sebuah perpaduan yang baik dan menjadi modal yang besar dalam meraih kesuksesan hidup. 
  11. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Bagarah : 153). 
  12. Permulaan kesabaran seperti menikmati rasa pahit, tetapi manis pada akhirnya.
  13. Kiranya jadikanlah aku sebagai orang yang penyabar dan bersabar dengan setiap ujian-Mu ya Allah. 
  14. Sesungguhnya namanya sabar adalah ketika di awal musibah (HR. Bukhari). 
  15. Allah SWT menjanjikan pada kita suatu pahala yang tidak terbatas bagi orang-orang yang sabar dalam menghadapi ujian kehidupan. 
  16. Bagi yang mencela takdirnya dan tidak bersabar maka sesungguhnya pada dasarnya ia telah mencela Allah. 
  17. Hidup adalah suatu perjuangan kehidupan yang membutuhkan kesabaran unuk bisa meraih sebuah kemenangan. 
  18. Berikanlah aku kekuatan, agar selalu dengan-Mu. Berilah aku keimanan, agar senantiasa di jalan-Mu. Berilah aku kesabaran, agar kuperoleh rahmat-Mu. 
  19. Sesungguhnya sangat unik perkara orang mukmin, sesungguhnya semua perkaranya adalah baik. Jika ia mendapat kebahagiaan, ia bersyukur dan jika ia mendapat ujian ia bersabar, maka hal itu merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim) 
  20. Allah akan menjaga bagi barangsiapa yang menjaga kehormatan dirinya dan barangsiapa merasa cukup maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya dan barangsiapa yang bersabar, maka Allah pun akan menjadikannya sabar. 
  21. Tidak ada seorang pun yang diberi suatu pemberian yang lebih baik dan lebih luas selain kesabaran. 
  22. Siapapun, dimanapun dan kapanpun kita semua butuh kesabaran untuk mempertemukan harapan jadi kenyataan. 
  23. Kesabaran merupakan tantangan menahan gejolak. 
  24. Kesabaran itu terkadang juga terasa pahit namun bermanfaat. 
  25. Kesabaran dalam hal mencari pasangan hidup untuk mendapatkan yang terbaik.
Adapun Nasehat Motivasi Hidup Islam secara umum dapat kami rangkai sebagai berikut :

Banyak orang yang stress hanya karena berpikir kehidupan duniawai dan banyak pula orang yang berbahagia karena beramal untuk akhirat.

Dan adapun orang yg takut kepada Tuhannya dan ia menahan diri dari hawa nafsu. Maka surgalah tempat tinggalnya. Qs.an-naziat : 40-41

Jika ada yg mengobarkan apai-api permusuhan, janganlah engkau menambahinya dengan kayu kebencian, tetapi siramlah dengan air perdamaian.

Bahkan setiap status dan komentar yang ditulis, banyaknya jempol yg diacungkan, maka semua akan dicatat oleh malaikat sebagai pertanggung jawaban di akhirat.

Memang terasa sedih dan cukup pedih dalam menghadapi cobaan di dunia, tetapi ada balasan surga bagi orang yang bertaqwa dan sabar dalam menjalaninya.

Orang yang bersalah bukanlah orang yang benar, tetapi orang yang benar adalah orang yang siap dalam menerima kbenaran dan dalam melaksanakannya.

Janganlah syetan mematahkan semangat kita dalam melakukan kebaikan dalam kehidupan.

Seorang musuh yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah lebih baik daripada seorang teman akrab yang malah menjauhkan kita dari Allah. AL MAR’U ‘ALA DIINI KHALILI (seseorang itu berada di atas agama teman dekatnya) maka hendaklah perhatikan dengan siapa kalian berteman. (Abul Hasan)


Ada beberapa cara kita dalam menyampaikan pesan nasehat islami baik melalui media kaos muslim atau melalui tas anak muslim

Teman-teman juga dapat belajar dari Artikel Nasehat Islam dari berbagai media baik secara online maupun secara offline. Ada juga cara menyampaikan melalui cara berpantun ataupun bersyair.

Demikianlah Nasehat Motivasi Hidup Islam dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kita menjadi manusia yang lebih baik dan menjadi dampak yang baik bagi sesama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar